NARASI DIRI

Pada tahun 1995, hari kamis tanggal 15 Juni telah lahir seorang bayi perempuan yang diberi nama Risti Reno Sumekar. Itulah aku. Aku hobi mengoleksi sepatu dan suka browsing di internet. Aku adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara dari pasangan bapak Sarjio dan ibu Suripah. Aku mempunyai seorang adik perempuan yang sekarang duduk di kelas 1 SMP, dan aku mempunyai seorang kakak laki-laki yang sudah mempunyai pekerjaan sendiri. Aku berdarah jawa. Ayahku asli dari Yogyakarta dan ibuku asli dari Solo. Ayahku sekarang bekerja sebagai Guru di Sekolah Dasar sedangkan Ibuku bekerja sebagai Ibu Rumah Tangga. Kami menganut agama Islam dan sekarang tinggal di Desa Gedung Rejo, BK.9  Belitang, Kabupaten OKU Timur.

Tahun 2001, tepatnya aku menginjak umur 6 tahun akhirnya aku bisa masuk di sebuah sekolah dasar di dekat rumahku. SD Negeri Gedung Rejo namanya. Selama enam tahun sekolah di sana aku mendapat prestasi yang bisa dibilang cukup memuaskan dan membanggakan kedua orangtuaku. Setelah lulus Sekolah Dasar , akupun melanjutkan sekolah di SMP Negeri 2 Belitang. Banyak teman-temanku juga bersekolah di sana. Satu tahun sekolah di sana, aku selalu diantar dan dijemput oleh orangtuaku karena jarak rumah ke sekolah cukup jauh. Memasuki kelas 2 SMP akhirnya aku diperbolehkan untuk membawa motor sendiri walaupun itu berdua dengan temanku. Di SMP aku sempat mengkuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, les MIPA, bahasa inggris dan bola voli. Selama di SMP aku dipercaya menjadi sekretaris kelas selama 2 tahun. Setelah lulus dari SMP, aku melanjutkan ke SMA Negeri 1 Belitang salah satu SMA ternama di Belitang bahkan di OKU Timur. Aku disarankan untuk memilih kelas eksekutif oleh salah seorang guru favoritku saat masih di SMP. Akupun menyetujuinya dan sudah pasti aku masuk jurusan IPA. Di sana aku mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah. Sama seperti di SMP, di sini aku kembali dipercaya untuk menjadi sekretaris. Banyak kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolahku, tapi aku hanya mengikuti beberapa saja karena aku memilih jadwal ekskul yang tidak bersamaan dengan jadwal pelajaran karena disekolah aku selalu pulang sore dan hanya hari sabtu yang pulang bersama-sama dengan kelas yang lainnya. Beberapa ekstrakurikuler yang aku ikuti seperti karate, bulutangkis dan cepat tepat. Ada pula beberapa lomba yang pernah aku dan teman-temanku ikuti di sekolah diantaranya lomba mengarang, drama, vocal group, bola voli, mading 3D dan juga futsal putri. Masa-masa saat SMA itu yang paling menyenangkan bagiku. Aku lulus SMA pada tahun 2013 dan harus berpisah dengan teman-teman yang selama 3 tahun bersama-sama. Sebelum lulus SMA aku sudah harus mengisi pendaftaran SNMPTN dan harus mengisi beberapa pilihan. Karena pada saat itu aku ingin sekali menjadi dokter dan banyak pula keluarga yang mendukungku, lalu aku langsung memilih fakultas itu. Setelah mengikuti ujian nasional dan lulus. Aku melanjutkan ke bimbingan belajar ternama yang ada di Palembang bersama teman-temanku. Saat yang ditunggupun tiba. Pengumuman SNMPTN sudah bisa di lihat di internet. Dengan keadaan yang tegang aku langsung membuka alamat website tersebut dan ternyata  dengan perasaan campur aduk akupun dinyatakan belum lulus seleksi SNMPTN. Aku sangat kecewa dan bukan hanya aku saja bahkan teman-temanku juga banyak yang dinyatakan tidak lulus seleksi. Bahkan aku tidak mempunyai keberanian untuk memberitahukan kepada kedua oangtuaku. Tapi jika aku tidak memberitahu mereka maka itu akan jauh lebih menyakitkan dari apa yang aku alami saat itu. Dengan meneteskan air mata akupun memberitahu mereka bahwa aku belum di beri kesempatan untuk lulus pada seleksi ini. Aku tidak lantas patah semangat dengan adanya seleksi yang kedua yaitu SBMPTN, aku langsung mendaftar dan mengikuti beberapa tes selama 2 hari. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya pengumumanpun sudah ada. Dengan perasaan yang sama pada saat pengumuman pertama kali, aku langsung membuka halaman pengumuman itu dan aku dinyatakan lulus seleksi SBMPTN di Universitas Sriwijaya program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Walaupun itu bukan pilihan pertama dan utamaku. Walau sedikit kecewa karena bukan lulus pada pilihan pertama tapi aku tetap bersyukur dan berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendukungku terutama kedua orangtuaku karena aku masih diberi kesempatan ini. Sekarang aku sudah mulai memasuki masa kuliah semester 1 jurusan Bahasa dan Seni program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Sriwijaya

date Sabtu, 19 Oktober 2013

2 komentar to “Contoh Narasi Diri”

  1. agnesia eka syafitri
    23 September 2014 pukul 05.54

    tampilan blogger nya bagus,, bagaimana cara membuat nya??

  1. Pein Akatsuki
    24 Mei 2016 pukul 06.05

    belajar

Leave a Reply:

Foto Saya
Ramazani
Nama saya adalah Risti Reno Sumekar. Saya tinggal di Belitang, Sumatera Selatan. Saya lahir pada tanggal 15 Juni 1995. Saya adalah mahasiswa di Universitas Sriwijaya Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia.
Lihat profil lengkapku